Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers

Sunday, August 12, 2012

Siraman Pengantin Muslim

Hihihiii judulnya enggak banget yaaa. Kayak judul artikel menye menye...

Jadiiiii, dari hasil perdebatan rapat keluarga beberapa bulan lalu, diputuskan bahwa eijke pake siraman. Alasan paling utama adalah: "Supaya banyak dokumentasinya, Yak! Nanti nyesel loh kawinan sekali seumur idup, fotonya cuma dikit.." --> yasudahlah oke saya terima

Nahhh siraman itu kan identik ama prosesi-prosesi yang, errr, rada syirik sih.. (No offense yaaa buat yang memegang adat Jawa). Contohnya:

  1. Air siraman diambil dari tujuh sumber mata air. Di kawinan ala Jawa-nya kalangan tertentu, mereka bahkan rela ngambil air di 7 tanahnya sunan/wali. Duileeeh repot bener yakkk. Nah, di siraman-ku nanti, ga pake begini-begini lah. Paling juga pake air keran + air anget + air Aquase :p
  2. Wudhu pake air dari kendi --> ibuku sendiri yang menolak keras wudhu ini. Ngapain sih wudhu pake air yang dipercaya begini begini begitu begitu. Syirik.
  3. Air siraman bekas CPW dibawa ke CPP untuk siraman CPP. Aih gak praktis. Pake air sendiri-sendiri aja lah yauww..
  4. Potong rambut CPW trus ditanam di halaman rumah. Bayanginnya aja udah horor.
  5. dan masih banyak lagi
Jadi, siraman keluargaku ini ibaratnya cuma penggembira suasana aja. Adegan-adegan yang lucu bakal dipake. Lucu banget tuh ngguyur manten, lihat deh foto siramannya orang-orang, ekspresi mukanya kesian. Harusnya para sesepuh itu ngguyurnya jangan sepenuh hati, jangan kena mukanya CPW.. kan sayang itu muka udah dirias kok diguyur *cry*

Nah gimana dengan siraman CPP? Baruuuu minggu kemarin fix bahwa CPP pun mengadakan siraman, 3 hari sebelum siramanku :p (waktu mr. W masih di Jakarta)
Aslinya mr. W juga ga mau siraman sih, karena menurut dia bakal nambah-nambahin pengeluaran + nambah keribetan. Tapi apa daya, tentunya keluarga juga punya andil dalam memutuskan adat-adat yang dipakai.

Contoh rias & busana siraman: kain jumputan & ronce melati. Emmm aku pengennya pake jumputan ijo aja deh, biar matching gituuu sama warna manset + melatinya...
(gambar diambil dari sini)

Nah berhubung ga ada malam Midodareni, nantinya seserahanku akan diberikan sehabis Siraman. yeaayyy!!! Emang agak nyeleneh sih, tapi gapapa kan? Daripada ga dapat seserahan :P


4 comments:

  1. waktu aku tanya sama periasku, 7 sumber itu beneran ya bu ? kata periasnya, ya enggak mbaaak, itu cuma kata2nya mc aja biar keliatan "sakral" gitu =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihiii... asik juga tuh MC-nya :D
      Tapi aku beneran pernah terlibat di EO dimana keluarga si manten bener-bener ngambil aer dari 7 sumber mata air di daerahnya sunan-sunan, dan di-videoin =___=
      niat banget yah

      Delete
  2. kalo aku pas nikahan kemaren pake air keran aja gitu mba. udah gitu si suami malah mandi sendiri di kamar mandi penginapan. hahaha..
    kalo yg wudhu dr air kendi itu mah buat lucu2an aja kalo aku, biar habis itu ada foto mecahin kendi gitu. biar dramatis ceritanya.
    airnya ya tetep aja dari air keran di rumah. hehehe..
    btw, salam kenal ya mba.. :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasi yang sudah disampaikan salam sukses selalu

    ReplyDelete