Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers

Monday, May 27, 2013

Bahan-bahan Kebaya

Berhubung banyaaaak yang email tanya bahan kebaya, ini kubuatkan postingan yaaa :D
Dulu aku juga ga gitu ngerti per-kain-an, tapi setelah ikut ibu hunting brokat dari Surabaya (JMP, Pasar Atum), Bandung (Gani Arta), sampe Jakarta (Pasar Mayestik, Pasar Baru), lumayan lah wawasan makin luas :))

PS: harga yang kucantumkan di bawah cuma estimasi yaaaa. Bisa berbeda tergantung tempat kamu survei & kualitasnya...

Hint: kebaya ini mengkombinasikan brokat perancis warna peach & brokat prada senada.
Vuring: bustier semacam satin kaku (atau shantung sutra yah.. lupa), lengan & dada pakai kain semi satin yang superlemes (ga tau namanya) warna wine.

Banyak capeng yang bingung jenis-jenis kain, karena begitu ke toko tanya "brokat", jenis brokat tuh banyaaaakkk banget. Nah ini dia beberapa jenis yang biasa digunakan untuk pengantin maupun seragam keluarga...

1. Brokat Perancis a.k.a French Lace
Ini jenis brokat paling alus, paling bagus (ini mah opini :p), dan paliiiing maahaaaal..
Bahannya lembut banget, dan nempelnya di kulit tuh adem + nyaman (terutama buat yang ngga jilbaban yah). Motif renda cantik di pinggirannya besar-besar (motif ini yang bisa dibuat hiasan di dada, leher, atau bawah kebaya). Tulle-nya superrr lembut. Di toko kain, biasanya 1 motif dijual terbatas karena 1 gulungnya cuma 5 meter (maksimal cukup untuk 2 kebaya biasa, atau 1 kebaya manten panjang).
Harga biasanya di atas Rp 500.000, hingga jutaan rupiah per meternya.

2. Brokat Semi Perancis
Inilah tiruannya brokat perancis. Harga jelas lebih terjangkau. Yang bikin beda (kalo udah biasa megang kain) adalah, brokat prancis lebih lembut, dan semi perancis lebih berasa sintetis. Kadang agak kaku.
Tapiiii untuk beberapa desainer / pembuat kebaya, bahan ini lebih enak dibuat baju manten karena lebih kaku, sehingga kuat dipayet / bordir. Tulle-nya agak kaku.
Mulai Rp 175ribuan.. Yang lebih alus menyerupai brokat perancis mulai Rp 350ribuan / piece.


3. Brokat Jepang
Ada yang motifnya bagus-bagus juga lho. Tulle-nya cukup lembut. Motif bunga-bunga biasanya tersebar di seluruh kain, dengan motif pinggiran tidak terlalu besar (nggak sebesar pinggiran brokat perancis). Lebar kainnya pendek.
Harga mulai Rp 40ribuan / meter.
Kalo diperhatiin, rata-rata brokat Jepang pinggirannya gitu-gitu aja, berupa renda agak zig zag.

4. Tulle Bordir (mungkin ada yang bilang brokat Italy)
Ini jelas-jelas kain tulle yang dibordir. Antara motif renda dengan tulle-nya terlihat terpisah.
Harga: berhubung nggak beli kain ini, jadi ga tau deh wkwkwkwk
Tapi untuk kain yang bordirannya mewah pake payet-payet, bisa sampe jutaan rupiah juga lho

5. Brokat Prada
Ciri-cirinya, kain ini isinya motif timbul semua. Seperti bordiran tapi alus. Motifnya bisa dipotong-potong juga lho untuk jadi aplikasi kebayamu. Berat.
Harga: yang bagusan > Rp 500ribu / meter (denger-denger sekarang udah banyak tiruannya)

Where to buy:
Surabaya:
JMP: semi perancis, tulle bordir, brokat Jepang
Pasar Atum: brokat perancis (toko lt.1 naik tangga belok kanan ujung samping tangga -- bagus2! sayang lupa nama tokonya), semi perancis, prada
Bandung:
Gani Arta: brokat Jepang buat seragaman
Pasar Baru
Jakarta:
Mayestik & Pasar Baru: lengkap ada semuanya

Atau di Alta Moda, kalo lagi sale 50% juga lumayaaaannn

Hope it helps :)

15 comments:

  1. Salam kenal mba, aku Egy dari Banjarmasin. Suka deh sama postingan Mba tentang wedding preparation. iya mba aku mau tanya kalo kebaya untuk seragam biasanya kita ngasihnya berapa meter ya? untuk furing n rok kain batik bawahannya juga berapa meter ya? mohon saran untuk ukuran kainnya. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Salam kenal Egy, untuk kain seragam sekitar 2 meter sih,,, lebih jelasnya bisa ditanyain ke mbak2 yang jualan kain, biasanya mereka nyaranin sesuai lebar kain yg mereka jual :)
    Kalo kain brokat semi perancis malah dijual per panel, jadi udah saklek ukurannya. Good luck ^^

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Hi Tia,

    I just stumbled upon your blog a couple of days ago ... and Love your blog... :D

    Celestine

    ReplyDelete
  5. Hai ka Tia. Thanks ya tulisannya ngebantu bgt buat aku yg g tau kain dan g pernah jait baju. Hehehee

    Aku mau nanya dong ka. Aku kan pakai kerudung sama kaya kaka.
    Aku mau nanya kalo kaka dalamannya udah nyambung sama bustie kah? Atu sendiri sendiri?
    Dalamannya disambung sama kebaya atau terpisah?
    Dlamannya bahan apa kak?
    Aku bingung soalnya kebaya buat muslimah itu orang2 biasanya pakai manset. Tapi aku g suka manset karna ketat bgt ke badan. Apalagi manset kaos. Pasti jadi jelek kebayanya. Aku pengen yg nge pas di badan. Tapi gak ketat. Dan g kegedean juga. Hihihihi...
    Thanks ya ka Tia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii Upix...
      Buat yang baju manten peach ini, perancangnya bikinin bustier sendiri, dan dalaman buat nutup dada + lengan dari bahan seperti satin tapi lemas yang langsung ditempel ke kebaya (jadi kebayanya udh ada penutup dada + lengan. Sebelum pake kebaya, bustier dipake dulu)

      Kalo menurutku, daripada dalaman kaos emang mending bikin dalaman dari satin yang ngga mengkilat (pake retsleting belakang). Lebih rapiii.. Dalamannya lepasan aja, jadi bisa dipake untuk kombinasi kebaya lain :) (kadang kalo dalaman langsung dijahit di kebaya, jatuhnya malah ga bagus)

      Delete
    2. Contoh kebaya yang dalamannya kepisah (pake bahan semi satin yg lemes banget), yaitu kebaya ijo lemon yang dipake waktu acara potong tumpeng di blog ini :)

      Delete
  6. hai mbk tia, slam kenal. boleh mampir ke ramahtextile.blogspot.co.id, sapa tau suatu saat butuh kain lagi... :)

    ReplyDelete
  7. Thanks for sharing.. Butuh bahan baju berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete
  8. Maaf klo sy ikut koment, karna sy cowok yg mau menikah awal thn depan.
    Sy mau tanya, brp ya harga kain KEBAYA utk pernikahan permeternya?
    Mohon jawabannya dan terima kasih.

    ReplyDelete
  9. Sy ingin tanya harga yg di medan, trims.
    081275400578

    ReplyDelete