Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers

Friday, December 13, 2013

Tanya Jawab Kawinan Miss Tea

Buanyak yang ng-email karena (alhamdulillah) terbantu dengan adanya wedding blog ini. Bersyukur ada gunanya juga ya ternyata nulisin balada per-bridezilla-an pribadi. Pada tanya via email tapi ngga ada yang komen di blog, hikssss... *melas* Nah berhubung para pembaca ternyata penasaran dengan beberapa hal, yang lumayan sering saya jawab sama, saya buat FAQ-nya ya...

Suami lupa cukur kumis pas mau kawinan

Frequently Asked Question:

1. "Pricelist vendor ini itu berapa ya mbak?"
Untuk pertanyaan satu ini JUJUR saya udah nggak inget blas. Mungkin setahun lalu kalau ditanya gini saya akan berusaha 'nyelimur' karena itu berkaitan dengan budget yang tentunya personal yah... Mana tau ada yang mikir kemahalan atau kemurahan. Nah sekarang, setelah >1 tahun menikah, saya sudah benar-benar lupa harga vendornya :)))
Apalagi ada tragedi laptop rusak & data hilang semua. Yup termasuk data budget kawinan dan... foto prewedding. Iya foto prewedding ilang! Tapi untungnya saya lagi berusaha jadi minimalis, nggak terlalu terikat dengan kenangan & clutters. Jadi ilang ya ilang aja. Best memories stay in our heart forever *lho kok jadi nyelimur ke foto prewed yah*

Untuk pricelist Gala Humanoid (fotografer), detail yang kuinget hanya "nggak bisa ditawar". Jadi luangkanlah waktumu nanya ke mas Hendy-nya. Cocok ya lanjut, ga cocok ya mundur. What you see is what you get. Mau pilih pemotretan berapa hari, jumlah fotografer berapa, ada kok di pricelist-nya.
CP: Hendy Wicaksono 08155044196

Harga jahit kebaya di Mbak Elok (akad & resepsi Surabaya)
Juta-jutaan. Ngga inget. Pastinya tanya langsung ke mbak Elok yaaa. Harga kebaya akad, resepsi, panjang, pendek, pake brokat sendiri atau brokatnya dia, beli atau sewa perdana, semua beda-beda. Monggo ditanya langsung yahhh..
CP: Elok Dola'ap 081233345500

Kebaya Nungki (ijo lemon yang kupake siraman)
Hasilnya rapi, payetnya juga oke. Sekitar Juli 2012 jahit + payet + vuring sekitar Rp 850rb kalo ga salah...
CP: Nungki 081703707670, Rungkut Surabaya

EO, rias & dekorasi di Sonokembang Enterprise
Termasuk sewa penerima tamu (yang jaga buku tamu). Ini aku malah ga tau harganya sama sekali, soalnya ibuku yang urusan langsung dengan mereka. Yuk monggo ditilpun saja ^^  Nomernya menyusul.. bisa tanya ke Sonokembang catering juga sih...

Sonokembang Catering
Segala makanan & dekorasi di meja buffet + joglo
CP: 031 5621168, jl. MH Thamrin no. 1 Surabaya

Sterine Offset, undangan & souvenir berupa notes yang serasi dengan undangan
Harga & kualitas ga bohong. Bagus & rapi.
CP: 0315023439, Ngagel Jaya

Photo Booth
Nah ini mayan inget, itupun ga pasti nominalnya wkwkwkk
Harga tahun 2012, jasa tukang foto polaroid (kamera, lighting & print sepuasnya) sekitar Rp 4 - 5 juta. Nggak termasuk backdrop yah! Buat backdrop yang unyu-unyu silakan hubungi dekorator kalian.
CP: Loco-loco Photocorner (Surabaya) 08563420007
CP iconlife (Jakarta) 02156983856
Dari pengalaman photobooth di kawinan orang lain, ternyata vendor pilihan saya lumayan loh kualitasnya bagus... Dari pencahayaan & hasil cetak, oke lah :)


2. "Apa ya yang musti disiapin duluan?"
Buat aku pribadi sih:
(1) CALON SUAMI harus ada. Huehehe becanda... Maksudku TANGGAL NIKAHAN sih. Tanggal menentukan segalanya, jangan cuma "rencana awal tahun depan"... itu kurang spesifik. Udah ada tanggalnya belum? Kalo udah..

(2) Booking GEDUNG. Seriusan ini faktor yang PUENTING banget. Pasti ada gedung inceran donk dari segi lokasi & kapasitas tamu? Segera DP tanggal yang kamu mau. Kalo di kasusku, karena ortu udah sreg Bumimoro jadinya step dibalik. Bumimoro kapan kosong? Tanggal itulah eike kawin. Serius loh.

(3) Lanjutannya tinggal dipikirin Catering, Dekorasi (pelaminan & hiasan jalan menuju pelaminan & photobooth jika perlu), Kebaya, Rias, Undangan (pastikan 2 bulan sebelum acara undangan udah jadi. Maka bikinlah undangan PALING LAMBAT 5 bulan sebelum kawinan. Belum revisi-revisinya lohhh), Souvenir, Foto/Video.

(4) Poin nomer 3 sudah lengkap deh kayaknya :p Tinggal ngurusin printilan lainnya yang walau sepele tetep kudu dikerjain, seperti misalnya seragam keluarga, transportasi, penginapan keluarga jauh... Sumpah banyak loh. Segera mulai dipikirin gih.

3. "Tema / konsep nikahannya apa sih?"
Konsepnya Jawa tapi warna pastel. Nah lho... Hehehe... Jadi kita tetep memasukkan adat Jawa yang unyu-unyu seperti Bubak Kawah, dekorasi Gebyok (background ukiran kayu di pelaminan) warna putih... Nuansa warna Peach & Ijo telor asin (di undangan & souvenir). Peach untuk sebagian besar seragam, ijo telor asin untuk taplak meja catering (sengaja dibedain biar orang-orangnya ga nyatu ama taplak).

4. "Saya terinspirasi, boleh niru temanya mbak Tia?"
Monggo kalau mau ada yang ngikutin, tapi sebaiknya dimodifikasi dikit ya supaya ga terlalu pasaran hahahaaa...

5. "Suka deh konsepnya, aku sebenernya pengen begini begitu tapi ortuku maunya begono..."
Hmmmm untuk pertanyaan / curhatan yang satu ini, menurutku sih monggo dikompromikan saja dengan orangtua ya. Toh acara pernikahan ini (meskipun seolah-olah bintang utamanya adalah kamu) sebenernya acaranya orang tua. Ortu pengen dong berbangga ke keluarga, rekan & koleganya "Iki lho anakku sing paling ayu wis rabi..."
Orangtua pasti sebenernya agak sedih mau melepas anak kesayangan ke tangan lelaki pilihan (aduh maap bahasanya lebay), nah pesta resepsi itu bisa menjadi hiburan buat mereka. Toh sebagian besar undangan juga undangan ortu ^^
Tema pestaku ini juga hasil kompromi dengan ortu kok... Tadinya kan eike pengen kawinan pake gaun ala ala Irna la Perle gituuu trus trus trus private party yang ngga diam di pelaminan... Pengen membaur dengan tamu.. Trus ada pohon gedeee yang jadi wishing tree tempat tamu nggantungin harapan buat mempelai sebagai ganti buku tamu *ngayal aja deh terus*

6. "Untuk jahit kebaya butuh berapa meter kain ya?"
Tergantung brokatnya, ada brokat lebar pendek ada juga yang agak panjang. Kebaya bisa mulai dari 1.5 hingga 2.5 meter tergantung mau seberapa panjang kebayanya. Untuk baju manten kalau mau pakai ekor malah bisa sampe 5 meter butuhnya. Konsultasiin ke perancang/penjahit kebayamu yaaa :) Jenis-jenis kain brokat lihat sini.

7. "Beli ini itu dimana?"
Tassel di hiasan souvenir siraman: Beli di JMP Surabaya. Harga lupa. Di toko yang jual pita-pita & bunga hias. 1 pak isi 12 biji. Ukuran lupa, ga nyimpan.
Box seserahan: Beli di ACE hardware. Harga bervariasi a.k.a LUPA, itu lagi diskonan. Barangnya sekarang belum tentu ada, soalnya dulu aja ngumpulinnya ngejar stok sampe ke ACE hardware Royal & TP Surabaya. Ada juga box kayu yang kokoh beli di Pasar Atum. Kalo ke pasar atum tanya aja deh tempat box / hias seserahan dimana. Toko kuno kok.


Still have other questions to ask? Feel free to email me... *berasa expert di kawinan aja wkwwk* Alamat emailnya lihat di profil kanan yahhh :D

This FAQ will be updated kalo ada pertanyaan-pertanyaan rutin yang baru lagi...

Hope that helps, bridezillas out there!!

7 comments:

  1. demen pol deh ama versi HWP ;)
    take it or leave it.
    lagian bukannya lbh enak dpt harga pasti yah..?
    drpd awal di markup sekian miliar lalu bisa deh diskon bejibun.
    pdhl mah angka aslinya sama.
    tp efek "the art of nawar" emang susah tergantikan sih yak.
    hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa betul, kalo bisa ditawar malah ga yakin ya, ini masih kemahalan atau enggak :D
      Yahhh kayak belanja di pasar vs supermarket aja lah

      Delete
  2. Halo
    Kalian merupakan salah satu pasangan yang akan segera menikah?
    Kami rumah sore photography,menawarkan paket pemotretan wedding day ataupun pemotretan pre wedding
    Dengan kualitas foto istimewa,paket cetak eksklusive,desain konsep yang menarik dan harga yang dapat dijangkau

    Bicarakan dengan kami
    Karena....
    "We design your way to build the greatest photo document in your life"

    085643694440-rumah sore

    Cek foto: www.rumahsore.wordpress.com

    ReplyDelete
  3. halo mbak mau tanya kebaya yg ijo lemon itu kan yang dipake siraman disini CP nya kebaya nungki. apa sama dengan kebaya butik laksmi. soalnya di http://tiananana-weddingprep.blogspot.com/2012/10/flashback-seserahan-potong-tumpeng.html CP nya kebaya butik laksmi. terima kasih sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mahmuda... Iyaaa sama :D Dia namanya Laksmi Nungki hehehee

      Delete
  4. http://stefanigrecia.blogspot.co.id/2016/03/wedding-preparation-ika-pesta-wedding.html

    silahkan berkunjung

    ReplyDelete