Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers

Sunday, September 27, 2015

Benarkah Ini 17 Tanda Awal Kehamilan??

Lama nggak posting update tentang promil, sekarang alhamdulillah kehamilanku udah memasuki 34 minggu :D

Dulu waktu promil, aku pernah cerita 'kan, dalam masa 2 weeks wait yang mendebarkan, hobiku tuh browsing 'tanda-tanda awal kehamilan'. Sambil menebak-nebak apakah ini hamil beneran atau cuma gejala PMS yang nyebelin. Bener-bener menguras energi dan emosi (emosi kalau ternyata hanya PMS)! Lalu setelah hamil beneran, apa sih gejala-gejala yang dirasain?

Berikut ini 17 Tanda Awal Kehamilan versi parenting.co.id pleussss komen dari akyu:

1. Payudara bengkak 
...payudara tiba-tiba  membesar dan terasa nyeri jika disentuh. Ditambah lagi, warna areola yang lebih gelap dari biasanya.
* Tia: Nggak merhatiin :)))) Ini kan sama aja kayak gejala PMS sis! Kalopun bengkak, nggak signifikan sampe berubah lingkar bra/cup, apa karena dasarnya trepes kerempeng yah...

2. Sering lelah 
Biasanya, Anda sanggup membaca beberapa bab novel favorit Anda sebelum tidur. Tapi sekarang, Anda tak sanggup membaca satu halaman pun.
* Tia: Biasa aja tuh. Menjelang 6 minggu kehamilan baru deh sering ngantuk.

3. Mual 
Setiap pagi, Anda bangun dengan perut mual dan perasaan ingin muntah. Seringkali, rasa mual berlangsung sepanjang hari.
* Tia: Alhamdulillah yaaa awal-awal hamil gak pake mual muntah. Rasa mual eneg baru muncul di minggu ke-6 kehamilan, terjadinya kalau perut kosong atau kepenuhan. Tapi nggak pake muntah.

4. Sering buang air kecil 
Tidur malam terganggu, karena selalu terbangun untuk pergi ke toilet.
* Tia: Frekuensi pipis tetap seperti biasa. Sering buang air kecil baru muncul di sekitar trimester 3 hahahahaa telat banget...

5. Sakit kepala 
Tiba-tiba saja, Anda sering mengeluh sakit kepala.
* Tia: Alhamdulillah enggak ngalamin.

6. Sakit punggung 
Biasanya, Anda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri.
* Tia: Alhamdulillah enggak ngalamin.

7. Perut kram 
Perut terasa kembung dan kram, gejala yang biasa Anda rasakan menjelang haid.
* Tia: Ya ini hampir tiap bulan juga ngalamin, tiap PMS... Nggak bisa dijadikan patokan... 

8. Ngidam atau menolak makanan tertentu 
Tanpa alasan yang jelas, mendadak Anda sangat menginginkan makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin bukan makanan favorit Anda. Atau sebaliknya, Anda tiba-tiba tak tahan dengan makanan yang selama ini jadi kegemaran Anda.
* Tia: Nggak pake ngidam aneh-aneh... Cuma sejak sering eneg di minggu ke-6, hobinya jadi suka makan buah (apel, jeruk, semangka, apapun) dicocol garam cabe. Trus makanan makin sederhana makin suka, seperti nasi kucing ikan peda + telur ceplok, kangkung dengan sambel brambang asem, sup gurame jernih... Ini termasuk ngidam kah? Nggak. Karena nggak diturutin juga nggak papa.

9. Sembelit dan kembung 
Sembelit dan kembung yang Anda rasakan belakangan ini juga membuat perut buncit.
* Tia: Mungkin karena rajin makan buah, jadi jarang sembelit. Tapi sekalinya sembelit, (maaf) bisa luka berdarah seperti wasir gitu rasanya.

10. Perubahan mood  
Tanpa alasan yang jelas, Anda suka marah-marah pada suami. Di lain waktu, Anda menangis tanpa sebab. Perasaan Anda minggu ini naik turun seperti rollercoaster.
* Tia: Perubahan mood-nya lebih parah ketika PMS deh :))))

11. Peningkatan suhu tubuh
Anda patut curiga Anda hamil, ketika suhu tubuh terus meningkat. Padahal, masa subur telah lewat.
* Tia: Nggak ngukur mak....

12. Sensitif pada bau 
Anda tak tahan pada segala macam bau, terutama aroma makanan tertentu. Saking tak tahannya, bau tertentu bisa membuat Anda mual dan muntah!
* Tia: Ini juga nggak ngalamin. Padahal katanya bumil sensitif sama bau-bauan.

13. Pusing dan pingsan 
Anda tiba-tiba merasa pusing, yang diikuti dengan rasa ringan dan melayang.
* Tia: Alhamdulillah enggak.

14. Vlek 
Ada vlek. Rasanya sih, bukan haid, karena cuma terjadi sesekali dan sangat sedikit.
* Tia: Kejadian sekali, beberapa hari setelah inseminasi/masa subur. Pinkish tint in my undies (sorry for too much information!)

15. Gejala PMS 
Anda merasakan gejala PMS yang sama seperti yang Anda rasakan setiap bulan. Perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan yang meningkat. Tapi, kok belum haid juga, ya?
* Tia: Kalo gejala PMS mah jangan disebut tanda awal kehamilan donk, ya emang mirip T_T seringkali bikin ge-er kan.

16. Positif tes kehamilan 
Hasil uji test pack menunjukkan tanda positif! Apakah itu artinya Anda benar-benar hamil? Belum tentu! Anda baru akan mendapat jawaban yang akurat, setelah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG.
* Tia: Yup, tepat di hari seharusnya mens datang, testpack menunjukkan positif walau masih tipiiiiis banget garisnya.

17. Ada janin yang berkembang di dalam rahim Anda
Pemeriksaan USG menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam kantung kehamilan? Selamat! Jaga perkembangan si kecil hingga tiba waktunya bersalin ya, Ma!
* Tia: USG-ku baru dilakukan di minggu ke-6 kehamilan. Atau 2 minggu telat haid. Itupun baru terlihat kantong dan titik kecil. Kalau kurang 6 minggu, katanya sih belum bisa kelihatan di USG, nanti malah kecewa kalau terlalu cepat ke obgyn.

Kesimpulan: 
Hanya sekitar 5-6 Tanda Awal yang aku alami, itupun terjadinya setelah memang ketahuan hamil beneran. Jadi, Tanda Awal yang Pasti Bener-bener Hamil adalah: (1) Testpack positif, dan (2) USG menunjukkan perkembangan janin!

Atau ini cuma menunjukkan kalau aku hamil kebo? Hehehehehee... Bisa jadiiii... Yang jelas, tiap bumil beda tanda-tandanya. Beda kapan munculnya. Beda kondisi tubuhnya. Beda mual atau enggak-nya. Ada yang hamilnya nyantai banget, ada yang butuh bedrest. Semoga para bumils lancar semua yaaaa kehamilannya! 

11 comments:

  1. hahahaha aku ngakak baca komen komennyaa :))))))))))

    ReplyDelete
  2. hehhee, kadang...meskipun sudah hamil dua kali, klo merasa ada tanda-tanda sepri di atas iitu...aku juga penasaran, yup kontrol ke dokter dan USG itu yang akurat.

    Siap-siap nyambut debay ya Mba

    ReplyDelete
  3. Artikel nya bagus min

    kalau artikel saya gmn min?
    Agen Judi
    Bandar Judi
    Agen Bola Bonus
    Bandar Asia77
    Agen Poker
    Agen Asia8
    Agen 1sCasino
    Agen Casino
    Agen Bola IBCBET
    Agen Bola Sbobet
    Prediksi Bola
    http://988bet.com/prediksi-ado-den-haag-vs-roda-jc-tanggal-07-februari-2016/
    http://988bet.com/prediksi-skor-athletic-club-vs-villarreal-07-februari-2016/
    http://988bet.com/prediksi-bologna-vs-fiorentina-tanggal-07-februari-2016/
    http://988bet.com/prediksi-pertandingan-bola-genoa-vs-lazio-07-februari-2016/
    http://988bet.com/prediksi-skor-rayo-vallecano-vs-las-palmas-07-februari-2016/
    http://988bet.com/prediksi-sporting-gijon-vs-deportivo-la-07-februari-2016/

    ReplyDelete
  4. wow info yang menarik kalau ingin tahu tentang
    cara membuat toko online yukk disini saja. terimakasih..

    ReplyDelete
  5. kerenblog nya

    BUTUH JASA ANGKUTAN PINDAHAN BANDUNG TERBAIK, SILAHKANHUBUNGI KAMI DI www.angkutanbandung.com

    MOBIL JASA ANGKUTAN BARANG PINDAHAN BANDUNG

    ReplyDelete
  6. Senang bisa berkunjung di blog Anda. trims.

    Buruan Gabung Sekarang Juga Bersama Kami dan Dapatkan Juga Bonus Hingga Jutaan Rupiah disetiap Harinya.
    agen judi poker online terpercaya di indonesia

    ReplyDelete
  7. AGEN JUAL HAMMER OF THOR ASLI
    OBAT PEMBESAR PENIS HERBAL ALAMI TERBARU
    REAKSI CEPAT DAN AKURAT HASIL PERMANEN
    HANYA KONSUMSI 1 BULAN UKURAN PENIS LANGSUNG BESAR DAN PANJANG
    MILIKI PANJANG PENIS 17CM - 21CM SEKARANG JUGA
    JAMINAN PRODUK AMAN TANPA EFEK SAMPING, BUKTIKAN !!!!!!
    HARGA PROMO HAMMER OF THOR ASLI RP.550RB.
    INFO PEMESANAN HUB :
    TLP/SMS/WA : 0812 2535 7557
    PIN BBM : 794A 8B53
    KUNJUNGI WEBSITE KAMI DI :
    www.vigrxplusasli.net

    ReplyDelete